Gejala dan Penyebab Penyakit Sinusitis

Gejala Sinusitis

Sinus adalah rongga kecil yang letaknya berada dibelakang tulang pipi dan dahi yang berisi udara. Dari sekian banyak jenis penyakit, Penyakit Sinusitis merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup banyak diderita oleh orang – orang. Penyakit ini adalah peradangan pada dinding sinus yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Banyak faktor seseorang menderita Sinusitus namun penyebab utama penyakit ini ditimbulkan karena Virus / bakteri. Virus ini akan menyebar ke sinus melalui pernapasan atas. Biasanya dampak yang akan dirasakan oleh seseorang yang mengalami infeksi sinus yaitu mengalami flu dan pilek.

Kemudian bakteri yang telah masuk akan menyebabkan terjadinya infeksi skunder. Selanjutnya akan muncul mukosa atau lendir warna kuning atau hijau dari hidungDan bagian lain seperti mata, dagu dan dahi akan terasa nyeri, terutama jika dalam kondisi ditekan.

Flu dan Pilek terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernapasan atas, selanjutnya sinus akan mengalami peradangan dan membengkak. kondisi ini akan berlangsung kurang lebih selama 3 bulan. Sinusitis juga bisa memicu terjadinya demam dan sakit gigi.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Penyakit Tipes 

Jika lebih dari tiga bulan maka akan berdampak pada Sinusitis Kronis (Jangka Panjang) yang dapat berakibat infeksi bakteri sekunder atau karena alergi. Dimana sinus dan membran hidung mengalami peradangan lebih serius dan harus segera mendapat penanganan medis.

Gejala yang muncul pada sinusitis kronis antara lain:

  • Hidung beringus dan tersumbat.
  • Sakit kepala.
  • Wajah terasa nyeri.
  • Indera penciuman berkurang.
  • Bau napas.

Sinusitis Pada Anak-anak

Sinusistis tidak hanya menyerang orang dewasa saja melainkan anak – anak juga sering mengalami penyakit ini. Anak yang terkena Sinusitis akan mudah kesal, hidung tersumbuat sehingga akan bernapas dengan mulut, dampak lainnya anak akan kehilangan selera makan. Suara mereka akan terdengar sengau. Mereka seolah-olah mengalami pilek berat karena sinusnya tertutup. Jika muncul gejala seperti itu, bawalah anak Anda untuk menemui dokter.

Sumber : vedagram.com – alodokter.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply