Daftar bpjs tanpa ktp, bagaimana caranya?

daftar-bpjs

Pemerintah telah mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan diri dan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan. Pendaftaran bpjs dapat dilakukan secara online maupun offline.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar bpjs yaitu berupa Fotocopy KTP, fotocopy KK, Pasfoto 3×4 sebanyak 1 lembar, fotocopy buku tabungan salah satu peserta yang ada dalam Keluarga. Syarat tersebut harus dibawa saat mendaftar di kantor bpjs.

Lantas bagaimana buat yang belum punya KTP? Jika usianya sudah 17 tahun keatas maka wajib membuat KTP terlebih dahulu dan ktp yang dibuat dalam bentuk KTP elektrik. Sedangkan untuk yang usia dibawa 17 tahun maka tidak perlu menggunakan KTP.

Bagi calon peserta yang belum punya KTP maka pendaftarannya dilakukan oleh kepala keluarga, pendaftaran akan menggunakan NIK yang tertera pada kartu keluarga. Sama hal nya dengan peserta lainnya, peserta akan mendapatkan kartu anggota yang digunakan saat berobat.

Saat pendaftaran bpjs dapat memilih kelas kepesertaan dengan iuran perbulan yang berbeda, jika memilih kelas 1 maka besar iurannya adalah Rp80 ribu, kelas 2 maka besar iurannya adalah Rp51 ribu dan kelas 3 maka besar iurannya adalah Rp25.500.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.