Cara Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

Berobat kerumah sakit dengan BPJS

Ketika kita jatuh sakit baru sadar bahwa sehat itu mahal harganya, tidak ada orang yang mau jatuh sakit tapi yang namanya kehidupan sakit itu pasti dirasakan. Karena sakit itu bermacam-macam, ada yang biasa, ada yang sedang dan ada yang parah.

Maka dari itu, sangat penting sekali dikala sedang sehat kita harus berolahraga, banyak minum air putih, dan makan makanan yang sehat. Karena, sakit itu ada hubungannya dengan biaya maka kita juga perlu mempersiapkan dana yang sewaktu-waktu diperlukan ketika sakit.

Tak hanya itu, anda juga perlu memiliki polis asuransi kesehatan sehingga ketika anda sakit maka biaya berobat akan ditanggung oleh perusahaan Asuransi tersebut dan ini akan membantu anda mengatasi masalah keuangan.

Banyak sekali jenis asuransi kesehatan yang bisa anda ikuti, saat ini Pemerintah telah menghadirkan jaminan kesehatan untuk masyarakat yaitu melalui program BPJS Kesehatan dan ini wajib diikuti oleh semua masyarakat agar mendapatkan jaminan kesehatan.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan akan memberikan bantuan untuk biaya pengobatan secara gratis, jadi biaya pengobatan sampai biaya rawat inap dirumah sakit akan ditanggung bpjs kesehatan.

Ketika anda sakit maka anda bisa berobat ke Puskesmas, Klinik, atau Rumah Sakit (jika dalam kondisi gawat darurat). Berikut ini adalah Cara Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit : 

  1. Saat anda sakit, maka anda perlu mengunjungi faskes 1 (puskesmas / klinik) yang telah tertulis di kartu peserta terlebih dahulu, kecuali jika memang gawat darurat.
  2. Faskes 1 akan memberikan keputusan apakah anda perlu dirujuk kerumah sakit atau tidak. Jika memang faskes 1 dapat mengatasinya maka anda tidak perlu dirujuk, namun jika dalam kondisi tertentu seperti fasilitas kurang memadai untuk mengobati pasien maka faskes akan merujuk ke rumah sakit.
  3. Saat pergi ke Rumah Sakit, pastikan anda telah mendapatkan surat rujukan dari Faskes 1. Apabila anda tidak membawa surat rujukan dari faskes, maka rumah sakit akan menolak penggunaan bpjs kesehatan.
  4. Bawalah persyaratan lengkap saat berobat kerumah sakit, beberapa persyaratan yang wajib dilengkapi seperti : KTP, Kartu BPJS Asli, Fotocopy kartu keluarga, surat rujukan dari faskes 1.
  5. Datang ke Rumah sakit lebih awal, karena rumah sakit menerima banyak pasien BPJS Kesehatan sehingga antriannya cukup panjang.

Perlu anda ketahui, bahwa pada kondisi tertentu anda akan dikenakan biaya tambahan. Ada kondisi dimana bpjs kesehatan tidak dapat menanggung biaya yang dikeluarkan rumah sakit. Maka dari itu anda perlu mengetahuinya agar tidak kaget saat ada tagihan untuk anda.

  1. Jenis obat yang berikan oleh rumah sakit tidak masuk daftar obat yang ditanggung BPJS. Maka dari itu, saat diberikan obat anda perlu bertanya apakah obat ini ditanggung BPJS Kesehatan?
  2. Kelas Perawatan BPJS Kesehatan yang diberikan kepada pasien sesuai dengan kelas iuran peserta yang dipilih. Jadi ketika pasien mengajukan naik kelas perawatan diatasnya maka terdapat selisih dari yang ditanggung BPJS, sehingga selisih tersebut akan ditanggung pasien.
  3. Terdapat aturan khusus bagi peserta yang menunggak bayar iuran, dan ternyata sebelum 45 hari dari tanggal aktif kok menjalani rawat inap. Baca Selengkapnya : Penjelasan Denda untuk Peserta Menunggak
Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.