Cara Dapat Kartu BPJS Bagi Peserta yang Daftar Online

Wajib Daftar BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan membuka pendaftaran peserta yang dapat dilakukan secara online, pendaftaran BPJS Gratis hanya saja setelah mendaftar peserta BPJS memiliki kewajiban untuk ikut bayar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih. Terdapat 3 jenis pilihan kelas yaitu kelas 1 dengan iuran Rp80ribu, kelas 2 dengan iuran Rp51.000 dan kelas 3 atau PBI dengan iuran Rp25.500.

Setelah peserta mendaftar dengan menyetujui dan menginput data sesuai dengan formulir yang telah disediakan, anda akan mendapat Nomor Virtual Account yang digunakan untuk melakukan pembayaran pertama pada hari ke-14 setelah pendaftaran. Misal anda daftar tanggal 1 Mei 2016 maka anda dapat membayar iuran pertama pada tanggal 15 mei 2016.

Setelah anda membayar iuran pertama maka secara otomatis sistem akan mengaktifkan keanggotaan anda dan anda akan mendapakan kartu id (e-ID) yang dikirimkan oleh Administrasi BPJS Kesehatan melalui email. Anda bisa download dan print sendiri menggunakan Kertas Foto (silahkan diliminating) Fungsinya dan tampilan sama dengan kartu peserta BPJS yang didapat ketika peserta mendaftar di kantor BPJS.

Tapi jika peserta yang mendaftar online ingin memiliki kartu peserta BPJS Kesehatan secara fisik yang dicetak dari Kantor BPJS maka anda dapat melakukan permohonan request kartu peserta dengan melaporkan diri ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa : bukti pembayaran dan identitas peserta.

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga dapat membantu anda. Silahkan anda membaca artikel lainnya mengenai BPJS Kesehatan yang telah kami tulis dan kami rangkum dalam halaman PanduanBPJS.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. sampai kapan e-id ngga bisa dicetak, sudah berbulan2 ngga bisa juga, ini website dikelola apa ngga sih?

  2. Gan, kemaren saya sudah membayar iuran pertama bpjs online.. Email bpjs yg dikirim ke email saya ke hapus. Lalu gimna cara saya bisa cetak ID nya gan. Klo email nya kehapus.?
    Tolong kasih jawaban ya gan.

  3. Saya pengguna bpjs sudah 2 tahun ini. Tapi pertama kali buat bpjs sy melalui online hingga hari ini. Kalo mau buat kartu bpjs fisik apakah harus menyerahkan bukti bayar juga? Krn sy bayar bojs selalu via mbanking. Jd buktinya juga digital. Apakah tetap bisa dapat kartu fisiknya. Dan kalo mau ubah data apakah perlu bukti pembayaran juga? Thanks. Mohon responnya segera.

  4. Sampai sekarang masig Error…… mohon agar segera dibenahi…
    Jika harus ngantri berjam-jam di kantor BPJS, ngapain ada pelayanan Online ?

  5. saya mendaftarkan bpjs online untuk mertua saya, saya sudah bayar iuran pertama tp tidak ada email masuk lagi setelah bayar iuran pertama & tidak bisa download e-id, saat e-id di download yg mucul halaman blank, jadi saya berniat untuk mencetak kartunya ke kantor bpjs langsung. yg mau saya tanyakan, apakah harus ada surat kuasa untuk mencetak kartu ke kantor bpjs, mengingat saya bukan anggota keluarga yg ada didalam KK nya, dan apa aja persyaratannya. terimakasih

  6. @Desi : Apakah anda sebelumnya memang sudah pernah daftar menggunakan identitas lama yaitu Medan? Anda dapat melakukan perubahan data dengan alasan pindah domisili…

  7. Mt mlm saya desi tinggl di soreang mw tnya 3 hari yg llu saya mw daftr BPJS.g twnya nma saya sudh terdftr di MEDAN .gmna ya cara ngirim mellui hp biar saya bsa pke di soreang mhon informasinya…….

  8. Mohon bantuan duli bah, sy sudah mendaftar bpjs dan telah membayar ya , namun tragis sekali bah giliran saya mau cetak e-id via online pas didonlod hanya layar putih semua, tolong dulu kasih pencerahan ya bah masih newbie ini gan

  9. tolong konfirmasi secepatnya, saya daftar bpjs online ketika sudah bayar iuran pertama e-id bpjs nya tidak bisa di download. kalo harus datang ke BPJS buat apa ada via online ???

  10. tolong konfirmasi secepatnya, saya daftar bpjs online ketika sudah bayar iuran pertama e-id bpjs nya tidak bisa di download. kalo harus datang ke BPJS buat apa ada via online ???

  11. saya daftar bpjs di kantor bpjs soreang bandung… pada tanggal 20 januari 2017 sampai hari ini tanggal 30 januari 2017 belum terima sms virtual account..nah pembayarannya tanggal 4 februari 2017…kalau lewat tanggal 4 februari 2017 saya harus daftar ulang bpjs…? itukan salah bpjs kenapa virtual account lebih dari 3 hari belum di kasih..padahal saya sudah menghubungi dengan cara lewat sms dan telepon tetapi tidak diangkat atau tidak ada tanggapan..

  12. Bos ,, saya tgl 10-01-2017 daftar BPJS kesehatan via online,, tgl 24-01-2017 saya bayar iuran pertama,, tp saya cek email lg kartu nya blm bisa di downlaod dan di print,, keterangan nya belum bayar iuran pertama. Tp saya cek status kepesertaan nya udah aktif bpjsnya,, di cek di kantor bpjs badan usaha KB udah aktif. Gmn ya supaya saya bisa cetak kartu tanpa harus datang k kantor bpjs,, soalnya kantor bpjs kesehatan lumayan jauh ? Mohon bantuannya gan.. terimakasih

  13. Apakah bisa melaporkan k bpjs secara online tentang pindah status kepersetaan mandiri ke pbi???

Tinggalkan Komentar