Cara Dapat Kartu BPJS Bagi Peserta yang Daftar Online

Wajib Daftar BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan membuka pendaftaran peserta yang dapat dilakukan secara online, pendaftaran BPJS Gratis hanya saja setelah mendaftar peserta BPJS memiliki kewajiban untuk ikut bayar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih. Terdapat 3 jenis pilihan kelas yaitu kelas 1 dengan iuran Rp80ribu, kelas 2 dengan iuran Rp51.000 dan kelas 3 atau PBI dengan iuran Rp25.500.

Setelah peserta mendaftar dengan menyetujui dan menginput data sesuai dengan formulir yang telah disediakan, anda akan mendapat Nomor Virtual Account yang digunakan untuk melakukan pembayaran pertama pada hari ke-14 setelah pendaftaran. Misal anda daftar tanggal 1 Mei 2016 maka anda dapat membayar iuran pertama pada tanggal 15 mei 2016.

Setelah anda membayar iuran pertama maka secara otomatis sistem akan mengaktifkan keanggotaan anda dan anda akan mendapakan kartu id (e-ID) yang dikirimkan oleh Administrasi BPJS Kesehatan melalui email. Anda bisa download dan print sendiri menggunakan Kertas Foto (silahkan diliminating) Fungsinya dan tampilan sama dengan kartu peserta BPJS yang didapat ketika peserta mendaftar di kantor BPJS.

Tapi jika peserta yang mendaftar online ingin memiliki kartu peserta BPJS Kesehatan secara fisik yang dicetak dari Kantor BPJS maka anda dapat melakukan permohonan request kartu peserta dengan melaporkan diri ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa : bukti pembayaran dan identitas peserta.

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga dapat membantu anda. Silahkan anda membaca artikel lainnya mengenai BPJS Kesehatan yang telah kami tulis dan kami rangkum dalam halaman PanduanBPJS.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply