Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Perorangan atau Mandiri di Kantor BPJS

Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan

Menjadi peserta BPJS Kesehatan merupakan kewajiban kita sebagai Warga Negara Indonesia, untuk menjadi peserta BPJS anda perlu mendaftarkan terlebih dahulu. Mendaftar menjadi peserta BPJS caranya sangat mudah, untuk pendaftaran langsung bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa semua persyaratan. 

Peserta BPJS Kesehatan terdapat menjadi beberapa golongan berdasarkan alur pendaftarannya. Dimana ada yang terdaftar melalui perusahaan tempat mereka bekerja namanya PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) yang sebagian iurannya ditanggung perusahaan, ada juga yang terdaftar melalui Pemerintah namanya PBI (Penerima Bantuan Iuran), dan Peserta mendaftar sendiri yang namanya PPU atau Mandiri.

Khusus Peserta PPU atau Mandiri memiliki kewajiban untuk membayar iuran sendiri sesuai dengan kelas yang dipilih, untuk kelas 1 wajib bayar iuran tiap bulan sebesar Rp80 ribu, untuk kelas 2 wajib bayar iuran tiap bulan sebesar Rp51 ribu dan untuk kelas 3 wajib bayar iuran sebesar Rp25.500 , dibayar sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

Syarat Membuat BPJS Kesehatan

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP/ Paspor, masing-masing 1 lembar
  • Fotokopi Buku Tabungan salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
  • Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar.
  • Wajib punya rekening di Bank Mandiri atau BRI jika pilih kelas 1 / 2

Cara Daftar BPJS Kesehatan 

Setelah persyaratan diatas terpenuhi selanjutnya anda dapat datang ke kantor BPJS terdekat dengan membawa semua persyaratan yang telah kami sebutkan diatas. Anda dapat langsung meminta formulir pendaftaran yang harus anda isi (DIP). Baca dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku agar anda faham tentang peraturan di BPJS Kesehatan.

Daftarkan seluruh anggota yang ada dalam kartu keluarga. Setelah mendaftar, Anda dan calon peserta yang ada di Kartu Keluarga akan memperoleh Nomor Virtual Account (VA). Silakan lakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan ke Bank Mandiri, BRI atau BNI. Setelah membayar iuran ke salah satu bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, serahkan bukti pembayaran ke Kantor BPJS Kesehatan tempat Anda mendaftar untuk memperoleh kartu Peserta BPJS.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.