Bayar Iuran Pertama tidak bisa lewat Indomaret atau Alfamart

Mendaftar BPJS diwajibkan bagi seluruh WNI dan WNA yang telah tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan, pendaftaran dapat di lakukan melalui kantor BPJS atau bisa juga dilakukan secara online. Setiap peserta akan dikenakan biaya iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih.

Untuk kelas 3 peserta akan dikenakan biaya Rp25.500, untuk kelas 2 peserta akan dikenakan biaya iuran bulanan sebesar Rp51.000 per bulan dan untuk iuran kelas 1 akan dikenakan biaya sebesar Rp80.000 per bulan. Peserta dapat membayar iuran pertama setelah hari ke-14 dan maksimal 30 hari sejak pendaftaran.

Pembayaran iuran pertama tidak bisa melalui Indomaret atau Alfmart juga termasuk PPOB lainnya seperti (Kantor Pos dan Pegadaian). Peserta harus melakukan pembayaran melalui ATM menggunakan nomor virtual yang telah diberikan, bagi yang tidak memiliki ATM bisa juga langsung datang ke teller bank yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan hanya ada 3 bank saja, yaitu Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri. Jika anda bayar iuran lewat ATM maka bisa membaca petunjuk dari kami mengenai pembayaran iuran lewat ATM sedangkan jika anda bayar lewat teller maka silahkan catat nomor virtual accountnya.

Sebagai informasi tambahan, peserta wajib mendaftarkan diri untuk seluruh anggota keluarga yang ada di dalam Kartu Keluarga, dan kelas yang dipilih mengikuti kelas yang dipilih oleh kepala keluarga. Tagihan dilakukan secara kolektif hanya dengan menggunakan 1 nomor virtual account saja.

Apabila dikemudian hari peserta telat membayar iuran maka status peserta akan di non aktifkan dan kartu bpjs tidak bisa digunakan sampai peserta yang bersangkutan melunasi tunggakannya. Kemudian, apabila peserta menunggak dan membayar tagihannya akan dikenakan denda rawat inap (jika menggunakan layanan rawat inap sebelum 45 hari sejak diaktifkan).

Baca Disini : Denda rawat Inap

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Leave a Reply