Bagaimana Berhenti Dari BPJS Kesehatan, Apakah Bisa?

Bagaimana Berhenti Dari BPJS Kesehatan, Apakah Bisa? – Sebuah pertanyaan yang banyak masuk kepada kami, begitu juga para tetangga saat ngerumpi bareng mengenai program asuransi kesehatan yang di programkan pemerintah ini, apalagi kalau bukan BPJS Kesehatan. Entah kenapa banyak yang berfikiran untuk berhenti dari program BPJS, mungkin karena ketidak mampuan membayar Iuran Peserta setiap Bulan. 

Langsung saja Kami jawab, perlu diketahui program BPJS Kesehatan telah menjadi peraturan pemerintah yang harus dijalankan, yaitu dalam Peraturan Presiden No. 11 Tahun 2014 tentang perubahan dan peraturan Nomor 12 tahun 2014 tentang BPJS, pasal 6 ayat 1 dinyatakan bahwa kepesertaan BPJS bersifat Wajib dan tidak ada proses penghentian.

Sehingga Kesimpulannya, Berhenti dari Program BPJS Kesehatan tidak bisa.

Ada orang yang memaksa dirinya untuk berhenti dengan tidak membayar Iuran Peserta , jika terjadi demikian status keanggotaannya masih aktif. Dalam kasus ini, jika peserta tidak membayar Iuran Peserta BPJS maka akan dimasukan kedalam Utang Piutang termasuk Denda keterlambatan antara peserta dan BPJS Kesehatan yang akan di tagihkan.

Dan Kartu BPJS akan di Nonaktifkan dan tidak akan mendapatkan Pelayanan BPJS jika suatu ketika membutuhkannya, Kartu BPJS dapat digunakan lagi setelah Peserta Melunasi iuran yang tertunggak serta Denda 2% dari premi yang harus dibayarkan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply