Apakah Iuran Peserta BPJS Kesehatan akan dikembalikan?

Iuran Peserta BPJS Kesehatan tidak dikembalikan

Iuran Peserta BPJS Kesehatan tidak dikembalikan

Ternyata masih ada juga nih peserta BPJS Kesehatan yang belum faham, tapi tak mengapa, namanya juga bertanya, dengan pertanyaan ini kami harapkan peserta dapat lebih memahami lebih dalam tentang BPJS Kesehatan termasuk dengan iuran yang telah dibayar peserta setiap bulannya.

BPJS Kesehatan merupakan jaminan kesehatan yang menerapkan prinsip gotong royong, dimana peserta yang sehat membantu yang sakit. Prosesnya gimana? Total dari Iuran yang dibayarkan seluruh peserta setiap bulan akan digunakan untuk membiayai peserta bpjs yang sakit. Begitu juga dengan anda nantinya ketika sakit anda bisa mendapatkan bantuan.

Tapi tentunya kita semua berharap diri kita dalam kondisi sehat wal afiat. Asuransi hanyalah sebuah proteksi kesehatan dimana ketika sakit dan membutuhkan dana keluar yang tak terduga, misal nya Operasi dan sebagainya. Hampir semua penyakit ditanggung BPJS Kesehatan, sehingga peserta memiliki hak untuk sembuh dari penyakitnya.

Menjawab pertanyaan diatas, apakah iuran peserta akan dikembalikan setelah 10 tahun seperti asuransi swasta lainnya? atau ketika peserta meninggal dunia? , BPJS Kesehatan berbeda dengan asuransi swasta yang lain, di BPJS iuran yang telah dibayarkan para peserta tidak akan dikembalikan, karena dana tersebut digunakan untuk membiaya peserta yang sakit, termasuk anda ketika sakit.

Apabila peserta sudah meninggal dunia maka pihak keluarga dimohon untuk dilaporkan ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan domisili agar tagihan iuran tidak terus terbentuk.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Apakah ada amnesty pelunasan tunggakan bagi peserta yang sudah meninggal karena belum melaporkan ke kantor bpjs ( anggota keluarga tahu bahwa kalau melapor pasti diharuskan melunasi tunggakan yang banyak makanya mereka enggan melaporkannya)

Leave a Reply