Apakah Imunisasi Ditanggung BPJS Kesehatan ?

Imunisasi Bayi dan Balita – Bagi orangtua yang memiliki Anak Usia Balita, maka anak anda supaya dilakukan imunisasi, hal ini menjadi kewajibab orangtua seperti yang telah tertulis dalam undang undang kesehatan, tujuan imunisasi agar bayi dan balita dapat terhindar dari sakit berat, wabah, cacat dan kematian.

Banyak orangtua bertanya -tanya mengenai biaya imunisasi, apakah biaya akan di tanggung oleh BPJS ? Perlu diketahui bahwa Imunisasi tidak di tanggung BPJS. Hanya Imunisasi Dasar saja yang ditanggung BPJS, Imunisasi dasar dapat anda gunakan secara gratis di Puskesmas atau Klinik (faskes 1), seperti Pemberian Vaksin BCG, DPT, Polio, Campak dsb.

Pemberian Vaksin Hb0 atau Hepatitis B diberikan saat pertama kali bayi lahir, Vaksin ini diberikan secara gratis oleh Pemerintah karena biayanya sudah termasuk dari biaya persalinan, hanya saja jika anda sudah terdaftar sebagai Peserta BPJS, biaya persalinan akan di tanggung sepenuhnya oleh BPJS.

Imunisasi Polio dan Campak

Imunisasi Polio dan Campak

Ketika bayi masuk usia 9 bulan barulah orang tua memberikan anak dengan imunisasi Campak, ini dapat dilakukan di puskesmas atau Faskes 1, juga diberikan secara Gratis.

Kesimpulannya adalah : BPJS hanya memberikan atau menanggung Imunisasi Dasar saja kepada Bayi atau Balita, selebihnya untuk imunisasi lainnya maka biaya di tanggung sendiri. Imunisasi Dasar yang di tanggung BPJS adalah : Vaksin BCG, Hepatitis B, DPT , Polito dan Campak.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply