9 Tips Saat Berpuasa Agar Tetap Sehat

Tips Sehat Saat Berpuasa

Sebentar lagi ramadhan akan segera tiba, waktu yang paling dinanti oleh Umat Islam untuk meningkatkan amal ibadah. Karena dibulan ramadhan seluruh pahala akan dilipat gandakan, termasuk yang paling utama yaitu Ibadah Puasa.

Agar puasa dibulan suci ramadhan berjalan dengan lancar maka anda harus tetap sehat walaupun menahan lapar dan haus selama 14 jam. Maka dari itu kami memberikan tips agar anda tetap sehat selama berpuasa, silahkan dipraktekan di rumah.

Tips 1 : Konsultasi Kesehatan terlebih dahulu Sebelum Puasa

Alangkah baiknya sebelum anda mulai puasa ramadhan, berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter mengenai kesehatan tubuh anda, khususnya yang pernah memiliki gangguan kesehatan. Anda dapat menanyakan mengenai pola makan, obat atau multivitamin apa yang baik, kapan waktunya minum obat, dan olahraga apa yang baik dilakukan saat berpuasa.

Tips 2 : Dianjurkan untuk Makan Sahur dengan Menu Sehat

Makan Sahur merupakan hal yang paling penting yang harus anda lakukan saat berpuasa ramadhan, karena dengan sahur anda dapat fit untuk melakukan aktivitas saat berpuasa. Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dimakan saat sahur, konsumsilahkan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan air putih yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

Tips 3 : Hindari Makan Makanan yang Berminyak

Banyak yang belum mengetahui akan hal ini, bahwa selama berbuka puasa / sahur anda harus menghindari makanan berminyak. Mengapa? Karena ini dapat membuat sel darah merah dalam tubuh anda menggumpal sehingga alira oksigen dalam tubuh berkurang hingga 20%. Dampaknya adalah anda akan terasa mengantuk disiang hari.

Tips 4 : Aktivitas didalam Ruang yang teduh dan Batasi Aktivitas Fisik

Disaat suhu udara semakin terik dan panas, maka usahakan anda beraktifitas didalam ruang yang dingin atau tempat yang teduh dan batasi juga aktivitas fisik anda agar tidak mudah lelah, ketika sudah lelah maka beristirahatlah jangan terlalu di porsir.

Tips 5 : Berbuka dengan Porsi Secukupnya

Banyak orang yang menyimpan banyak makanan untuk dimakan disaat berbuka, makanlah dengan porsi secukupnya saja, jangan terlalu kenyang. Banyak makanan yang dimakan akan membuat perut anda terasa sesak, belum lagi akan melanjutkan ibadah Shalat Terawih. Ketika berbuka puasa awali dengan minum terlebih dahulu.

Tips 6 : Makan dan Minuman Manis akan mengembalikan Energi

Ketika berbuka puasa makan dan minum lah yang manis, karena makanan dan minuman manis akan memulihkan energi. Akan tetapi masih dalam batas yang wajar, jangan terlalu banyak. Karena justru jika kebanyakan akan membuat anda lemas.

Tips 7 : Hindari Minum Kopi dan Soda saat Berbuka dan Sahur

Pada saat sahur dan berbuka puasa, pastikan anda tidak minum kopi dan minuman bersoda karena akan membuat anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Anda bisa minum air mineral dan jus buah sebagai gantinya.

Tips 8 : Olahraga Ringan diwaktu Malam

Disaat bulan ramadhan anda juga tetap harus melakukan olahraga paling tidak melakukan olahraga ringan saat malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam, hal ini akan membuat jantung dan aliran darah lebih baik.

Tips 9 : Mengatur Waktu Tidur / Istirahat yang Cukup

Selain memperhatikan Asupan makanan, anda juga harus memperhatikan jam tidur / istirahat anda. Mengatur pola tidur sangat lah penting selama berpuasa. Jika harus bangun pagi untuk makan sahur, maka pada malam harinya jangan bergadang dan luangkan waktu 20-30 menit disiang hari untuk melakukan power-nap. Tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan bantu memulihkan energi Anda.

Demikian tips sehat dalam berpuasa yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dalam bermanfaat untuk anda dan keluarga. Anda tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan dan dapat berjalan dengan lancar.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.