5 Cara Ini Dapat Mengatasi Sariawan Secara Alami

Cara Alami Mengatasi Sariawan

Luka kecil kemerahan yang terjadi dipermukaan kulit mulut bagian dalam seperti di pipi bagian dalam, lidah dan bibir itu disebut dengan sariawan. Seseorang bisa mengalami sariawan karena kekurangan vitamin C, sariawan juga bisa disebabkan karena tergigit saat mengunyah makanan.

Dampak yang dirasakan sariawan adalah rasa perih sehingga menyulitkan kita untuk makan, sariawan dapat hilang sendiri seiring berjalannya waktu, namun tak ada salahnya kita mencoba melakukan sesuatu hal untuk mengatasi sariawan yang kita alami.

Disini kami akan menyampaikan informasi mengenai cara mengatasi sariawan secara alami, mungkin saja sariawan yang sedang anda alami dapat segera hilang dan sembuh sehingga selera makan anda kembali normal. Berikut beberapa tindakan yang bisa anda lakukan :

1. Oleskan Madu

Madu dikenal sebagai obat dari berbagai jenis penyakit karena mengandung antioksidan yang mampu melawan bakteri dan virus jahat. Ketika anda sariawan, anda dapat mengoleskan madu di atasnya untuk mengurai rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Rasa sakit akan akibat sariawan akan hilang dalam waktu kurang lebih 4 hari. Pastikan madu yang anda gunakan madu asli dan alami, bisa anda dapatkan di gerai madu murni.

2. Berkumur Larutan Garam

Untuk membantu proses penyembuhan anda juga bisa menggunakan garam, ambil 1 sendok teh garam kemudian larutkan dalam air 1 gelas dan gunakan air tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 30 menit. Larutan air garam memiliki kemampuan untuk mencegah sariawan bertambah parah.

3. Oleskan Campuran Kelapa dan Madu

Anda juga bisa mencampurkan madu dan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan pada sariawan sebagai 3-4 kali sehari. Kelapa juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan rasa sakit dan mencegah peradangan semakin buruk. Tak hanya itu, kepala juga dapat membantu menyejukan suhu tubuh,.

4. Kantung Teh Bekas

Ambil kantung teh yang baru saja digunakan, tempelkan saja pada bagian yang mengalami sariawan kira-kira selama 5 menit. Teh dapat menetralisir keberadaan asam yang dapat memperburuk rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan, karena teh merupakan sauatu zat basa.

5. Menghindari Makanan Asam

Makanan asam disinyalir mampu menyebabkan kerusakan permukaan suatu jaringan tubuh. Sehingga membatasi konsumsi makanan asam dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit dan mencegah perkembangan kondisi sariawan tersebut. Sebagian besar sayuran, susu, air kelapa, dan teh memiliki derajat keasaman yang rendah sehingga aman untuk sariawan Anda.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar