Apakah Obat Albumin ditanggung BPJS Kesehatan?

albumin infus

Albumin merupakan protein utama yang diproduksi oleh organ hati dan terdapat didalam darah manusia. Albumin ini memiliki fungsi untuk mengatur tekanan dalam pemburuh darah dan menjaga agar cairan yang terdapat dala pemburuh darah tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya.

Seseorang yang mengalami gangguan kesehatan pada ginjal dan hati akan menyebabkan proses produksi albumin dalam tubuh terganggu (tidak maksimal) sehingga kadar albumin didalam darah menjadi rendah, maka dari itu ketika ini terjadi Seseorang akan membutuhkan asupan albumin tambahan dari luar ketika albumin dalam darah sedang rendah.

Kembali ke topik pembahasan kita, dimana apakah obat albumin termasuk obat yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan? 

Mungkin anda sempat mendapatkan pengalaman saat menggunakan BPJS dirumah sakit, pihak rumah sakit mengatakan bahwa albumin tidak ditanggung BPJS sehingga anda harus membayar biaya pemberian albumin tersebut.

Perlu diketahui bahwa sesuai dengan peraturan menteri kesehatan nomor 71 tahun 2014 pasal pasal 24 ayat (1): pelayanan obat, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai pada faskes rujukan tingkat lanjutan merupakan salah satu komponen yang dibayarkan dalam paket INA CBGs dan permenkes nomor 59 tahun 2014 menyebutkan obat Human Albumin termasuk dalam Top Up Spesial CMG Rumah Sakit Rujukan Nasional.

Sehingga kesimpulannya adalah Obat Albumin termasuk Obat yang akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, tentunya atas indikasi medis (bukan permintaan sendiri). 

Informasi kami kutip dari : http://manado.tribunnews.com/2015/01/30/obat-albumin-ditanggung-bpjs-simakpenjelasannya

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...