Biaya CT Scan Kepala

CT Scan merupakan sebuah teknologi yang digunakan para medis untuk melakukan pengecekan terhadap organ yang ada didalam tubuh. Alat ini menggunakan serangkaian pemindai X-ray yang kemudian diteruskan dalam kedalam komputer untuk menghasilkan gambar tulang dari jaringan lunak dalam kepala yang tidak kasat mata.

CT Scan merupakan alat atau mesin pemindai yang berbentuk lingkaran besar seperti yang dapat anda lihat dalam gambar. Pasien discan dalam posisi berbaring, kemudian pasien diletakan dalam lingkaran tersebut yang kemudian alat ct scan dapat bergerak masuk dan keluar secara otomatis. Dengan alat ini dokter dapat melakukan diagnosis terhadap kondisi kesehatan pasien.

Ct Scan
Ct Scan

Jika pasien memiliki keluhan terhadap gangguan kesehatan diarea kepala maka dokter akan mengecek pada bagian kepala pasien. Tak hanya kepala saja, alat ini dapat memeriksa bagian lain seperti paru-paru, jantung, rongga perut, panggul, tulang dan lainnya.

Jika anda bertanya, berapa biaya ct scan untuk kepala?

Tentu biaya nya bervariasi, masing – masing rumah sakit memiliki standar tersendiri. Biasanya ini didasari oleh kemampuan alat yang digunakan, apakah generasi lama atau generasi baru? yang jelas untuk ct scan kepala biaya yang perlu anda siapkan kisaran Rp 600 ribu s/d Rp1.500.000.

Jika anda telah terdaftar dalam program JKN-KIS (BPJS Kesehatan) maka biaya ct scan akan ditanggung BPJS. Dengan catatan, peserta memenuhi syarat dan mengikuti prosedur yang berlaku. Tindakan CT Scan merupakan tindakan yang dilakukan atas indikasi medis yang jelas yang telah ditetapkan oleh Dokter.

Namun, biaya yang ditanggung untuk CT Scan itu tidak sepenuhnya, ada standarisasi biaya yang ditanggung, Tergantung dari jenis kelas peserta, tipe rumah sakit, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya tentang berapa biaya yang akan ditanggung bpjs dapat anda tanyakan langsung kepada petugas BPJS.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

3 COMMENTS

  1. Selamat Siang BPJS. istri saya tanggal 02 September 2019 berobat ke salah satu RS di kota siantar karena penyakit kepala yang sudah menahun dan baru ini dokter bersedia memberikan rujukan. Sampai di RS dan di poliklinik dokter spesialis syaraf, dan setelah tanya jawab, ada permintaan pasien untuk bisa dilakukan ct scan tetapi si dokter menolak padahal pemeriksaan apapun tidak ada dilakukan, dianya hanya menulis. si dokter mengatakan tidak perlu di ct scan karena karena jika tidak ditemukan setelah di ct scan maka biayanya akan menjadi tanggungan RS.
    Apakah seperti ini pelayanan dokter yang benar untuk pemakaian alat kedokteran terutama untuk alat CT Scan? Mohon jawabannya.

  2. Pengalamam saya , minta rujukan ke dokter pratama dulu untuk ke dokter syaraf baru sekira perlukan oleh dokter
    spesialis syaraf untukk melakukan ct scan baru di lakukan ct scan dengan biaya yg di tanggung bpjs
    Semoga bermanfaat

  3. Selamat pagi BPJS..
    Sy peserta BPJS kelas 1 sdh 6 thn dan 12 thn jd peserta askes krn sy KBT (Keluarga Besar TNI/istri)..
    Saat ini sy sering mengalami sakit kepala yg hebat dan perut mual sampai muntah, apakah sy bs mengajukan ST scan ke setiap RS atau hny RS yg di tunjuk oleh pihak BPJS sj..?
    Sekian pertanyaan sy, terimakasih ??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.