7 Penyebab Sakit Kepala Setelah Bangun Tidur

Sakit Kepala Setelah Bangun Tidur

Sebagian orang pernah mengalami gangguan kesehatan khususnya sakit kepala setelah bangun dari tidur, baik itu tidur malam maupun tidur siang. Tidur merupakan bentuk istirahat yang paling baik ketika tubuh dan pilikan terasa lelah setelah beraktivitas.

Umumnya ketika seseorang bangun tidur akan terasa lebih segar dan fit, namun sebaliknya justru anda merasakan sakit kepala, itu artinya ada yang salah dengan tubuh anda, ada penyakit atau hal lainnya yang perlu mendapatkan penanganan kesehatan.

Rasa sakit pada bagian kepala setelah bangun tidur membuat diri kita merasa terganggu, terlebih lagi kita harus melakukan aktivitas lainnya. Maka dari itu ketika anda mengalami hal demikian ini maka jangan dianggap remeh, anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis untuk menghindari keadaan yang lebih buruk.

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi salah satu penyebab mengapa anda merasakan sakit kepada setelah bangun tidur. Karena memang sakit kepala setelah bangun tidur juga bisa di sebabkan karena pola hidup anda yang kurang sehat, salah satunya adalah tidur terlalu larut malam (begadang).

Penyebab: Sakit Kepada Setelah Bangun Tidur

Kenali terlebih dahulu penyebab sakit kepala setelah bangun tidur menurut para medis, anda dapat memperbaiki hal-hal yang mungkin terjadi pada diri anda.

  • Tubuh Mengalami Dehidrasi

Perlu anda ketahui bahwa 80% tubuh kita mengandung cairan, ketika seseorang kekurangan cairan itu artinya mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan didalam tubuh, termasuk salah satunya adalah sakit kepala.

Untuk Mengatasinya : Anda perlu memperbanyak mengkonsumsi air, baik itu air mineral maupun air yang terkandung dalam buah. Dengan begitu kebutuhan air dalam tubuh anda terpenuhi dengan baik, dan bisa dipastikan anda akan terhindar dari sakit kepala setelah bangun tidur.

  • Pola Tidur yang tidak Baik

Tubuh ini perlu istirahat khususnya bagian kepala (otak, mata dsb), ketika tubuh bekerja overtime maka akan lelah dan kesehatannya dapat terganggu. Tidur lah dengan waktu yang cukup, dan pastikan anda tidak tidur terlalu malam (begadang).

Cara Mengatasi : Tidur atau istirahat yang cukup, yaitu untuk usia 18 – 25 tahun membutuhkan waktu tidur selama 7 – 9 jam per hari, untuk usia 26 – 64 tahun membutuhkan waktu tidur tidur 7 – 9 jam per hari. Apabila kurang tidur maka akan berpotensi sakit kepala.

  • Mengkonsumsi Kafein Terlalu Banyak

Walaupun memang kafein bukan penyebab utama sakit kepala setelah bangun tidur, tapi ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak maka akan memincu sakit kepala. Untuk mengatasinya, Kurangi minum kopi atau makan coklat secara berlebihan dan imbangi dengan banyak minum air putih.

  • Gula Darah Rendah

Penyebab lain dari sakit kepala setelah bangun tidur yang paling umum terjadi yaitu karena menderita hipoglikemia atau gula darah rendah. Timbulnya gula darah rendah karena pola makan yang tidak teratur, maka dari itu anda perlu cek secara rutin kedokter untuk memeriksa kadar gula darah anda.

  • Posisi Tidur yang Salah

Sakit kepada juga bisa disebabkan karena posisi tidur yang salah. Jika anda salah tidur maka dapat membuat bagian tubuh seperti punggung bagian atas, leher dan bahu mengalami ketegangan. Rasa sakit biasanya muncul dimulai dari dasar tengkorak dan kadang-kadang memancar ke wajah, terutama dahi.

  • Mengalami Sleep Apnea

Gangguan tidur yang serius akibat pernapasan yang tidak normal selama tidur diseut Sleep Apnea. Ketika ini terjadi maka otak akan mengalami kekurangan oksigen sehingga membuat tidur anda terganggu, dampaknya ketika bangun dari tidur akan terasa sakit pada bagian kepala.

  • Tension dan Cluster Headaches

Tension Headaches merupakan istilah medis untuk sakit kepala kronis. Sakit kepala ini disebabkan karena stress, trauma, depresi dan cemas. Rasa sakit yang timbul mulai dari bagian belakang kepala hingga leher dan kepala atas. Sedangkan untuk Cluster Headaches adalah istilah untuk sakit kepala tetap. Sakit kepada ini diarea mata. Rasa sakit sering pindah ke bagian dahi, pelipis, dan pipi.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.