Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil

Bagi Ibu Hamil daftarkan diri anda ke program BPJS Kesehatan, bila perlu sekaligus mendaftarkan bayi anda yang masih ada didalam kandungan, walau ini belum diharuskan, tapi untuk penjagaan. Ibu Hamil yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan supaya selalu memeriksakan kehamilannya ketika ada gejala – gejala yang dirasakan.

Secara prosedural Ibu Hamil (Peserta BPJS) dapat memeriksakan dirinya ke Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yaitu seperti Puskesmas, Klinik dsb sesuai yang tercantum dalam Kartu Peserta BPJS yang anda miliki. Anda akan mendapatkan layanan medis dari dokter yang berkompeten di bidang kandungan dan bayi.

Ibu Hamil Berobat

Ibu Hamil Berobat

Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil

Pelayanan yang dijamin oleh BPJS meliputi: a) pelayanan pemeriksaan kehamilan (antenatal care / ANC) untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi, b) persalinan, c) pemeriksaan bayi baru lahir, d) pemeriksaan pasca persalinan (postnatal care / PNC) terutama selama nifas awal selama 7 hari setelah melahirkan, dan e) pelayanan KB.

Ternyata di faskes pertama terjadi masalah medis yang serius dan tidak dapat ditangani di fasilitas kesehatan tingkat pertama maka Ibu Hamil akan mendapatkan rujukan dari dokter untuk pergi ke Faskes tingkat kedua (rumah sakit) yang memiliki SDM dan Alat Medis yang lebih lengkap.

Pelayanan ANC dan PNC dapat dilakukan di fasilitas kesehatan pertama seperti puskesmas, klinik, atau dokter keluarga. Pemeriksaan ini dilakukan di tempat yang sama, kecuali dalam keadaan darurat. Begitu juga dengan persalinan Ibu Hamil dapat dilakukan di faskes pertama, jika terjadi keadaan darurat seperti pendarahan dsb yang dapat menyebabkan kematian pada bayi atau ibu maka bisa langsung ke faskes tingkat lanjutan.

Bagaimana jika Operasi Caesar?

Ketika persalinan tidak normal dan dokter memutuskan untuk operasi caesar maka biaya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, akan tetapi jika tindakan caesar berdasarkan permintaan pasien maka BPJS tidak menanggung biaya tersebut.

Ketika bayi telah lahir maka Orangtua wajib langsung mendaftarkan Bayi ke Program BPJS, diberikan waktu 3-7 hari, jika melewati batas tersebut maka ketika bayi menginap di rumah sakit maka biaya akan ditanggung oleh orangtua.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. pagi admin, saya baru menikah 8 bulan yang lalu, kemudian saya belum sempat buat KK, dan istri saya masih terdaftar di KK orang tuanya + BPJS nya masih sebagai tanggungan orang tuanya, kebetulan sekarang istri saya sedang hamil menginjak di bulan ke 7 (hamil 7 bulan), untuk dapat di cover, apa saya harus buat kartu BPJSK mandiri untuk istri saya berdasarkan KK dari orang tua, atau bagaimana, karena kalau buat KK terlebih dahulu, prosesnya lebih lama min,, mohon bantuannya,, terima kasih..

  2. Dear admin.
    Saya mau tanya. Apakah benar ?
    Saya ingin meminta surat rujukan kerumah sakit untuk masalah kehamilan saya yang berusia 10minggu. Karna keluarnya flek. Tapi faskes 1 (klinik) tidak mau memberikan surat rujukan tsb. Alasannya karna usia kehamilan saya yang masih 10minggu. Menurut mereka usia kehamilan 15minggu baru surat bisa dikeluarkan. Tolong penjelasannya. Terima kasih.

    • Utk Surat Rujukan faskes yang bersangkutan yang lebih tahu….
      Jadi untuk Surat Rujukan dapat dikeluarkan sesuai dengan kebijakan faskes / dokter disana…
      Atau anda bisa ke kantor bpjs untuk info lebih lanjut..

  3. saya mau tanya pemerikasaan tiap bulan kehamilan itu apa dicover setiap bulannya oleh bpjs? karna menurut bidan yg saya datangi saya hanya dpt 4 kali fasilitas pemeriksaan yg ditanggung bpjs sampai melahirkan. sementara selebih bayar sendiri. bagaimana kejelasannya? trimakasih

  4. dedy setiawan

    Maaf min mngenai pertanyan saya yg diatas untuk pendaftaran calon bayi kok tdk bs ya…saya sdh datangnke kantor bpjs setempat.soalnya ibunya masih terdaftat di pbi dan sya di ketenagakerjaan.

    Masih nunggu pemberhentian dr dinas sosial ternyata saya daftarkan langsg calon bayi saya ke bpjs mandiri tdk bs.bagaimana nie admin? Nunggu melahirkan dlu kata petugas bpjs nya.

  5. saya mau tanya .. saat ini saya sedang hamil , apakah pemeriksaaan setiap bulan nya bisa di cover oleh BPJS ? di karenakan BPJS faskes1 saya hanya ada dokter umum .. bukan bidan , jika saya dokter umum setiap bulannya merujuk saya untuk ke faskes 2 itu bagaimana ya ?
    apakah biaya di tanggung oleh BPJS ?

    • Bisa anda tanyakan ke Faskes nya…
      Bagaimana prosedur pemeriksaan ibu hamil yang menggunakan BPJS Kesehatan…
      Rujukan dilakukan tergantung dari faskes 1 itu sendiri…
      Yang jelas Pemeriksaan Kehamilan ditanggung BPJS

  6. maaf ya admin jd bnyak tanya soalnya saya juga bingung dan cemas, takut istri tidak tercover soalnya PBI kartunya. Seandainya kalau sudah bisa jadi satu istri saya di perusahaan tempat saya bekerja mungkin saya gak secemas ini Dan sdh tenang.

  7. maaf saya mau tanya lagi ? saya kemarin membaca web http://www.panduanbpjs.com/pendaftaran-pbi-bpjs-kesehatan-untuk-keluarga-miskin/
    apa benar ya?

    soalnya sebelum saya menikah istri saya masih terdaftar ke jamkesmas.tetapi saya sudah ikut diperusahaan tempat saya bekerja,ketika kami menikah istri saya mau saya masukan ke punya saya, dan sudah prosses pemberhentian keanggotaan jamkesmas di dinas sosial. setelah saya mencoba ke kantor bpjs, istri sya dicetakan kartu bpjs dengan faskes 1 sama seperti punya saya tetapi dengan kelas 3 dan PBI. tapi di keterangan link diatas katanya tidak bisa pindah itu bagaimana ya? jadi bingung. dan apa bisa peserta PBI digunakan di rumah sakit swasta yang sudah kerja sama dengan BPJS? karena istri saya sekarang lagi hamil butuh itu semua. dan kalau emang tdk bisa saya berencana mendaftarkan secara mandiri..apa masih tetap menunggu selama 6 bulan? menunggu pemberhentian keanggotaan jamkesmas selesai dari DINSOS?

  8. Maaf apakah saya bisa mendaftarkan anak bayi saya dalam kandungan..dan saya mau melahirkan kurang 1 bln..itu bisa apa gk…saya punya kartu jkn ..saya minta tolong gimana cara daftarnya bisa apa gk ..makasi

  9. dear admin:
    saya mau tanya .. saat ini saya sedang hamil , apakah pemeriksaaan setiap bulan nya bisa di cover oleh BPJS ? di karenakan BPJS faskes1 saya hanya ada dokter umum .. bukan bidan , jika saya dokter umum setiap bulannya merujuk saya untuk ke faskes 2 itu bagaimana ya ?
    apakah biaya di tanggung oleh BPJS ?

    • min mau tanya saya mengikuti petunjuk yang ada untuk pengecekan status keanggotaan bpjs..melalui hp dan web tidak bisa.bagaimana ya? apa ada solusi lain?

  10. dedy setiawan

    tapi orang tua belum ikut ke bpjs yang mandiri bisa ya min? lagsg calon bayi didaftarkan sendiri ke yang mandiri?atau kita orang tua harus daftar jg ke yang mandiri?

  11. dedy setiawan

    dear admin:

    mau tanya kebetulan saya telah terdaftar pada bpjs diperusahaan saya, dan kebetulan saya baru menikah,ternyata istri saya hamil, dan rencana mau saya masukan ke bpjs di perusahaan saya.ternyata tidak bisa karena 1 keluarganya dulu telah terdaftar ke jamkesmas dan harus diberhentikan di dinas sosial.tetapi setelah menghubungi kantor bpjs istri saya dpat kartu bpjs kelas 3 yang pbi setara dengan bpjs.yang mau sya tanyakan apa bisa calon bayi saya diikutkan ke bpjs? melihat kita belum jadi satu bpjs nya?mhon pencerahanya saya bingung sekali karena lahiran kurang 4 bulan.

  12. mau nanya , istri saya sedang hamil ..istri saya jg punya bpjs. apakah nantinya saat persalinan normal /cesar ,biayanya ditanggung bpjs/tidak.tq

    • Benar sekali, persalinan normal dan caesar akan ditanggung bpjs…
      anda harus mengikuti prosedur berobat ya, yaitu ke faskes 1 dulu… tidak langsung ke RS.
      kemudian, utk bayi yang belum didaftarkan sejak kandungan ketika dirawat maka ditanggung pasien…

  13. Dear admin bpjs,saya n istri adalah peserta bpjs mandiri.mo nanya nich apakah rujukan faskes I k RS yg nentuin dr bpjs apa puskesmas?

Leave a Reply