Apakah Cuci Darah ditanggung BPJS Kesehatan?

Pasien Jalani Cuci Darah

Pasien Jalani Cuci Darah

BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan kepada peserta, hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS. Seorang peserta BPJS bertanya kepada kami melalui email, bertanya apakah cuci darah itu ditanggung BPJS? Karena memang layanan ini membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Salah satu jenis pelayanan yang diberikan adalah Hemodialisa atau Cuci Darah. Layanan cuci darah dengan bpjs ini dapat digunakan oleh Peserta BPJS baik yang terdaftar di kelas 1 , kelas 2 atau kelas 3, yang penting dalam status aktif (tidak ada tunggakan) dan mengikuti prosedur berobat.

Baca Juga : Divonis Gagal Ginjal, Ibu ini Jalani Cuci Darah dengan BPJS

Karena BPJS Kesehatan itu bentuk gotong royong antar peserta , yang sehat membantu yang sakit. Khusus untuk cuci darah ini ntuk membayarkan 1 cuci darah saja dibutuhkan iuran yang berasal dari 40 orang yang sehat. Dengan catatan, orang tersebut membayar iurannya dengan besaran Rp 25.000.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek mengatakan : “Dalam satu bulan, jika 1 pasien melakukan cuci darah dengan BPJS minimal 4 kali. Itu artinya, butuh dana dari 160 orang sehat untuk membayarkan satu pasien cuci darah per bulan,” seperti yang dilansir pada Liputan6.com

Maka dari itulah mengapa semua penduduk Indonesia harus mendaftar BPJS Kesehatan dan membayar iuran peserta setiap bulan berdasarkan kelas yang diambil. Namun, kenyataannya masih ada peserta yang tidak membayar iuran (menunggak), atau ingat BPJS ketika sakit.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. saya mempunyai anak penyandang penyakit lupus/sle,saat ini masih menjalani terapi penyembuhan di rs dr sutomo surabaya karena fasilitas pengobatan penyakit lupus /sle belum ada di kota palu akhirnya dirujuk ke rs dr sutomo .dan saya bersyukur pelayanan nya sangat memuaskan tdk ada sedikitpun di pungut biaya dan yg menjadi ganjalan saya, anak saya harus tetap kontrol rutin tiap bulan di rs sutomo surabaya sedang saat ini saya tinggal di kota palu sulawesi tengah yg pasti memerlukan biaya transportasi dan akomodasi yg tdk kecil..dari itu melalui surat terbuka ini saya memohon kepada bapak /ibu pengambil keputusan di BPJS untuk memberikan fasilitas pengobatan lupus/autoimun minimal pada setiap rumah sakit ibukota propinsi di negara kita ,krn waktu anak kami di rawat di rs dr sutomo banyak juga pasien dari daerah lain ,ntt,ntb,maluku,papua dan sulut juga dirujuk disitu.demikian atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  2. MAAF SAYA MAU MENDONORKAN GINJAL SAYA, GOL DARAH AB, DOMISILI DI MALANG, KELAHIRAN THN 79, HP 081 333 851 444. SAYA INGIN MENGOBATI IBU DAN KAKAK SAYA YANG SEDANG SAKIT

Leave a Reply