4 Jenis Vaksin Imunisasi yang disediakan BPJS Kesehatan

Jenis Vaksin yang ditanggung BPJS Kesehatan

Setiap bayi lahir biasanya akan dilakukan Imunisasi, yaitu memasukan kuman penyakit yang sudah dilemahkan kedalam tubuh dengan cara disuntik untuk memberian kekebalan terhadap jenis penyakit tertentu. Berdasarkan Perpres no.12 Tahun 2013 pasal 21. BPJS memberikan pelayanan imunisasi kepada peserta (bayi) yang di lakukan di FKTP.

Pelayanan Imunisasi dasar yang diberikan sesuai dengan peraturan presiden tersebut meliputi : Baccile Calmett Guerin (BCG), Difteri Pertusis Tetanus dan Hepatitis-B (DPT-HB), Polio, dan Campak. Semua peserta Bayi BPJS akan mendapatkan fasilitas imunisasi gratis.

Vaksin imunisasi dasar diberikan kepada balita peserta BPJS dengan penyediaan vaksin oleh Pemerintah melalui Puskesmas (faskes 1) setempat. Program imunisasi ini merupakan program pemerintah yang telah dianggarkan biayanya, sehingga masyarakat tidak ditarik biaya apapun untuk imunasasi dasar ini.

Adapun, Jenis Vaksin Imunisasi yang disediakan BPJS Kesehatan adalah : 

  • Vaksin BCG ,  
  • Vaksin Polio, 
  • Vaksin Campak, 
  • Vaksin DPT-HIB

Peserta juga bisa mendapatkan vaksin di luar vaksin pemerintah di fasilitas kesehatan, namun untuk vaksin selain yang disebutkan diatas maka tidak ditanggung pemerintah dan biayanya ditanggung oleh peserta sendiri. Pemerintah hanya menyediakan 4 jenis Vaksin tersebut.

Demikian informasi singkat ini kami sampaikan, semoga dapat membantu..
Dan Semoga Anak anda selalu dalam lindungan Allah SWT dan Segera diberikan Kesehatan
Kami Ucapkan Terima kasih.

Salam,
PanduanBPJS.com
Media Informasi Seputar Kesehatan dan BPJS Kesehatan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply