3 Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu

Cek Usia Kehamilan Menggunakan USG

Setiap pasangan yang baru menikah tentu mengharapkan istri bisa hamil untuk segera mendapatkan keturunan. Anak pertama yang akan hadir ditengah-tengah keluarga akan membuat hidup semakin lebih lengkap dan sempurna. Ibu akan mengandung bayi selama 9 bulan lamanya, untuk itu jaga dengan baik bayi yang dikandung hingga ia dilahirkan. 

Suami dan Istri harus saling bekerjasama dalam menjaga bayi yang sedang dikandung, jangan sampai istri mengalami beban psikis atau terlalu lelah yang dapat menyebabkan kematian bagi bayi yang sedang dikandung. Bayi yang ada didalam kandungan akan terus berkembang berdasarkan usia kehamilan maka sangat penting bagi suami dan istri mengetahui usia kehamilan.

Ada beberapa cara untuk bisa mengetahui usia kehamilan, jika tidak ingin repot anda cukup datang ke bidan (nanti bidan akan menghitung usia kehamilan anda), atau bisa juga datang ke dokter spesialis untuk dihitung menggunakan mesin USG bahkan dapat diketahui kapan prediksi bayi akan dilahirkan.

Tapi tak ada salahnya bagi kita mencoba menghitung sendiri, dengan begitu kita dapat tahu berapa usia kehamilan. Dengan mengetahui usia kehamilan kita dapat menjaga perkembangan dan pertumbuhan bayi sesuai dengan usia, dan kita dapat memberikan asupan makanan sesuai dengan usia kandungan.

Menghitung usia kehamilan pada umumnya berdasarkan hari terakhir haid.  Biasanya dokter atau bidan akan meninghitung usia kehamilan dalam minggu, karena lebih akurat dan lebih mudah dalam menghitungnya. Berikut adalah beberapa cara untuk menghitung dan perkiraan usia kehamilan dalam minggu :

1. Hitungan menggunakan Kalendar.

Menghitung usia kehamilan menggunakan kalendar adalah cara yang paling umum dan manual digunakan, namun untuk menghitung menggunakan kalendar anda harus mengetahui kapan terakhir anda haid. Menghitung usia kehamilan dengan kalendar akan menggunakan tanggal pertama kali haid.

Rumus menghitung usia kehamilan menggunakan kalendar disebut dengan dengan rumus naegele yaitu menggunakan dengan cara tanggal haid dikurang 7, lalu bulan haid dikurangi 3, serta pada tahun ditambahkan angka 1. Ini rumus yang sangat sederhana, dan banyak digunakan untuk aplikasi menghitung usia kehamilan online.

Contoh : Jika hari pertama haid anda jatuh pada tanggal 10 Oktober 2016, maka untuk menghitungnya. (10-7=3), (10-3=7), (2014+1=2016). Maka diperoleh 3 Juli 2017

2. Menghitung menggunakan Sistem Fundus Uteri

Cara hitung ini juga kerap dilakukan oleh Dokter dan Bidan, yaitu dengan mengukur jaran mulai dari tulang kemaluan sampai pundak rahim. Apabila ditemukan jarak sekitar 20 cm maka usia kehamilan diperkirakan sudah mencapai 20 minggu. Anda bisa mencobanya dengan bantuan suami.

3. Cek Usia Kehamilan Menggunakan USG

Jika anda ingin mengetahui tingkat yang lebih akurat maka anda bisa minta bantuan dokter kandungan untuk menghitung usia kehamilan menggunakan USG, alat ini hampir sepenuhnya benar sekitar 95% akurat. Dengan Alat USG selain bisa mengetahui usia kehamilan juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang ada didalam kandungan.

Baca Juga : Apakah USG ditanggung BPJS?

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar